Jumat, 30 September 2011

Pertandingan DERBY paling panas di Dunia

Banyak banged pertandingan bola yang udah kita liat setiap musimnya. Dan diantaranya ada pertandingan yang ngelibatin 2 klub dalam sekota. Yappsss.... ni pertandingan sering disebut dengan DERBY. Sebagaimana kita tau... kalo pertandingan derby tu h yang panas gak cuman yang maen doank... tapi dah merasuk ama suporter2 mereka. Bahkan rasa permusuhan antar pendukung klub sekota sudah nyaris ke tahap hooliganisme. Berikut ni beberapa DERBY Sepak bola yang mencuri perhatian gibol dunia
pendukung as roma
AS Roma vs Lazio
Pada tahun 1977, kelompok minoritas dari fans AS Roma membentuk CUCS (Commando Ultra Curva Sud). N menjelang musim 1999/2000,ni kelompok CUCS berevolusi menjadi ultras Roma. Di lain pihak pendukung Lazio yang menyebut dirinya Commandos Monteverde Lazio muncul pada tahun 1971. Pada tahun 1987 mereka bersatu dengan kelompok lain dan membentuk kelompok yang disebut The Irriducibili. Sejak tahun 1992, The Irriducibili Lazio kelompok pendukung yang paling menonjol. Secara garis besar, Roma ultras mewakili kelas menengah sayap kiri dari pusat kota Roma. N Sebaliknya, The Irriducibili kaya merupakan penduduk pinggiran sayap kanan kota Roma. Kedua fans Lazio dan AS Roma ini saling berbagi tempat di stadion yang sama, Stadion Olimpico. Inilah panggung pertempuran paling panas di kota Roma.


Manchester City vs Manchester United

City dan United telah merupakan salah satu perseteruan paling klasik di Eropa. Kedua klub yang didirikan pada akhir abad 19. Pertemuan di tahun 1993 antara City dan United di Maine Road dianggap salah satu permainan EPL terbesar tahun 90an. United memenangkan pertandingan 2-3 berkat dua gol oleh Cantona dan dan gol telat Keane.
Stretford End di Old Trafford adalah tempat untuk diehard K-Stand fans club.Manchester City juga memiliki penggemar yang tidak kalah fanatiknya.Menjelang akhir kompetisi musim 2001/2002, 106 Fans City ditangkap karena berbuat onar. Ini salah satu penangkapan ketiga terbesar di Inggris untuk urusan suporter bola. Kebanyakan kericuhan suporter di Inggris tidak terjadi di stadion, melainkan kebanyakan terjadi di Bar-bar yang merupakan tempat mereka kongkow setelah nonton bola....


AC Milan vs Internazionale
Baik AC Milan dan Internazionale FC memainkan pertandingan mereka di Stadion San Siro. The Curva Sud adalah rumah bagi Rossoneri dan Curva Nord milik Inter. Kedua klub memang bersaing di kompetisi baik Seri A maupun di Kompetisi Eropa. Secara koleksi gelar, Milan memang berada diatas Inter, Namun beberapa taun terkahir ini Inter lebih berjaya di Seri A.


Red Star vs Partizan
F ans Serbia sangat dipengaruhi oleh ultras Italia meskipun mereka dipengaruhi ama budaya setempat. Di Belgrade, Serbia saat ini, ada sebuah persaingan sengit antara Partizan dan Red Star. Red Star merupakan klub juara Eropa dan Dunia di taon 1991. Pendukung kedua klub mempunyai riwayat permusuhan yang parah. Banyak banged terjadi perkelahian antar dua suporter, baik di dalam maupun di luar stadion.


Levski vs CSKA
Ibukota Bulgaria Sofia merupakan rumah bagi dua klub PFC Levski 1914 dan CSKA. Levski, yang lebih tua dua tain , memiliki basis penggemar yang lebih besar sedangkan CSKA merupakan pengoleksi juara terbanyak. Setiap kali kedua klub bertemu, pihak kemanan selalu memperketat pengamanan pertandingan. Dalam salah satu pertemuan mereka, 1/7 militer negara itu dikerahkan untuk mengatasi potensi kekerasan. Pihak berwenang telah berhati-hati terutama sejak tahun 2001 ketika sebuah insiden bom meledak dan berakibat sangat fatal.




FC Celtic vs Rangers

Skotlandia memiliki kisah hooliganisme yang sangat mengakar. Polisi setempat sekarang ini sudah melakukan pengamanan di setiap pertandingan. Tapi selalu saja terjadi insiden kisruh. Suporter Aberdeen, Celtic dan Glasgow Rangers selalu dihubungkan dengan terjadinya tindak kekerasan. Dua klub terakhir (Celtic dan Rangers) memang selalu menjadi sorotan karena ulah suporternya. Inilah perseteruan dua kelompok suporter yang dilatar belakangi masalah sosial dan agama.


Olympiakos vs Panathinaikos
Athena merupakan arena pertempuran bagi dua klub yaitu Olympiakos dan Panathinaikos. Inilah persaingan terbesar di Liga Yunani. Hooliganisme sering terjadi setiap dua tim bersua. Suporter kedua kubu selalu berkelahi, melempar kembang api dan melempar kursi. Fans Olympiakos terkenal fanatik. Mayoritas mereka berasal dari kaum miskin di kota Athena. Sedangkan Fans Panathinaikos banyak dari kalangan yang kaya.


Boca vs River Plate
Inilah Derby terbesar di Argentina. Boca vs River Plate. Kedua klub didirikan di daerah miskin di Buenos Aires bernama LaBoca. Pada 1930, River Plate pindah ke tempat yang bernama Nunez yang kini dihuni masyarakat kelas menengah ke atas. Disisi lain Boca memiliki basis fans yang lebih besar dan sebagian mereka berasal dari kalangan pekerja.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More